Macam Kamera CCTV
Macam Kamera CCTV

Sekarang ini marak sekali terjadi tindak kejahatan di sekitar lingkungan kita saat lepas dari pengawasan. Hal ini mengakibatkan banyak orang-orang resah serta takut untuk keamanan yang mereka miliki. Tidak sedikit dari mereka memasang CCTV untuk meningkatkan keamanan serta pengawasan dari pelaku-pelaku kriminal. Tetapi, tidak sedikit juga dari mereka yang bingung saat akan memilih dan membeli kamera CCTV jakarta. Disini akan saya berikan tips-tips untuk memilih kamera CCTV sesuai dengan kondisi anda.
  1. Lihatlah kondisi budget anda dengan kebutuhan camera yang anda butuhkan.
Dalam memilih kamera CCTV dengan dana yang minim, anda dapat membeli kamera CCTV dengan resolusi atau TVL yang lebih rendah. Tetapi jika sekiranya anda memiliki cukup dana untuk membeli kamera CCTV dengan resolusi atau TVL tinggi, belilah kamera yang bermerk seperti:
  • Bosch CCTV
  • Samsung CCTV
  • Sony CCTV
  • Panasonic CCTV
Berikut ini saya lampirkan beberapa standar kualitas serta resolusi gambar dari kamera CCTV, dapat anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilih kamera CCTV yang anda inginkan.
  • 1/4” CMOS/CCD – Standard Image Quality – 380-420 TVL.
  • 1/3” CMOS/CCD – High Image Quality – 480-520 TVL.
  • 1/3” CMOS/CCD – Very High Image Quality – 540-600 TVL.
  • 1/3” CMOS/CCD – Ultra High Image Quality – 650-700 TVL.
Arti dari TVL disini adalah ketajaman gambar yang diperoleh. Jadi semakin besar nilai TVL yang dimiliki dari sebuah kamera CCTV Samsung murah, maka semakin tajam dan detail juga gambar yang diperoleh oleh kamera tersebut.
Disini poin penting yang harus anda pahami adalah anda harus mengetahui resolusi sebesar apa yang sebenarnya anda butuhkan. Jadi anda tidak harus membeli kualitas yang paling bagus hanya karena anda memiliki cukup uang, karena jika nantinya penggunaan tidak begitu sesuai, anda yang akan merasa rugi dan menyesal sendiri nantinya. Tentu saja akan lebih baik anda menunggu cukup uang saat dana anda masih minim, tetapi anda memerlukan kualitas gambar yang sangat bagus untuk CCTV anda.
  1. Perhatikan Jenis CCTV yang anda butuhkan agar sesuai dengan lingkungan anda.
Jika anda sekiranya ingin memasang CCTV secara outdoor, dengan jarak pandang yang fix (tidak berubah-ubah) dan menempel di gedung dengan material tahan air, anda dapat menggunakan Bullet Camera. Kamera ini mendukung jarak pandang yang cukup luas di kalangan jenis CCTV dan juga tahan air. Tetapi biasanya CCTV jenis ini tidak dilengkapi dengan infrared sehingga sedikit kesulitan menampilkan gambar di lingkungan dengan pencahayaan yang kurang.
Jika anda ingin menggunakan satu kamera saja untuk mendeteksi hampir keseluruhan dari suatu ruangan atau tempat, anda dapat menggunakan PTZ Camera. Kamera ini menyediakan fitur Pan (bergerak horizontal), Tilt (bergerak vertikal), dan Zoom (memperbesar gambar). Dengan ini anda dapat mengontrol kamera sehingga mampu melihat seluruh kondisi di sekitar anda walaupun jauh sekalipun. Tetapi tentu saja, kamera ini membutuhkan orang yang siap mengontrol untuk bergerak.
Untuk Camera yang dapat merekam gambar dalam gelap atau tanpa pencahayaan sedikitpun, anda dapat menggunakan kamera yang memiliki fitur infrared atau Night Vision Camera. Jika anda memerlukan kamera dalam kondisi yang tersembunyi atau tidak mudah terlihat oleh mata, anda dapat membeli CCTV dengan Dome Camera. Kamera ini berbentuk menyerupai kubah berwarna hitam sehingga dapat ditempelkan di ujung atau tengah ruangan dengan tidak mencolok.
  1. Cek Garansi Kamera
Sebelum membeli, pastikan anda mengecek garansi produk CCTV samsung Camera tersebut. Seharusnya garansi yang benar hanyalah sekitar 1 – 2 tahun saja. Jika anda menemukan vendor yang memberikan jaminan hingga lebih dari 2 tahun, ada wajib untuk menanyakan kualitas dari kamera tersebut. Anda juga harus tahu bahwa garansi tidak akan diberikan jika alat tersambar petir atau adanya lonjakan arus listrik, serta chipset kamera yang terbakar. Untuk itu, anda harus memilih kamera CCTV dengan kualitas yang baik.
  1. Toko Tempat Membeli Kamera
Sedikit terkesan tidak sopan, tetapi anda perlu untuk mengecek background dari toko tempat anda akan membeli CCTV tersebut, terutama jika anda membeli secara online. Akan lebih baik jika anda mendapat rekomendasi dari teman anda yang sudah membeli CCTV dengan kualitas baik atau membeli di toko elektronik terkenal yang terjamin kualitasnya.
Sekian tips-tips dari saya mengenai pemilihan CCTV, semoga dapat membantu kehidupan anda nantinya. Terima kasih.

0 komentar Blogger 0 Facebook

 
CCTV IP Samsung © 2015. All Rights Reserved. Supported by Distributor CCTV IP Samsung
Top